ISO 9000 penting
Bagian ini secara singkat menjelaskan fitur-fitur penting dari keluarga ISO 9000.
ISO 9000 standar merupakan sebuah konsensus internasional mengenai praktik manajemen mutu. Ini terdiri dari standar dan pedoman yang berkaitan dengan sistem manajemen mutu dan standar yang terkait mendukung.
ISO 9001:2008 adalah standar yang menyediakan satu set persyaratan standar untuk sistem manajemen mutu, terlepas dari apa organisasi pengguna tidak, ukuran, atau apakah itu di swasta, atau sektor publik. Ini adalah satu-satunya standar dalam keluarga terhadap organisasi yang dapat disertifikasi - meskipun sertifikasi bukan merupakan persyaratan wajib standar ini.
Standar lain dalam keluarga meliputi aspek-aspek tertentu seperti fundamental dan kosa kata, peningkatan kinerja, dokumentasi, pelatihan, dan aspek keuangan dan ekonomi.
Mengapa sebuah organisasi harus menerapkan ISO 9001:2008
Tanpa pelanggan yang puas, sebuah organisasi dalam bahaya! Untuk membuat pelanggan puas, organisasi perlu memenuhi kebutuhan mereka. ISO 9001:2008 standar menyediakan kerangka kerja dicoba dan diuji untuk mengambil pendekatan yang sistematis untuk mengelola proses organisasi sehingga mereka konsisten ternyata produk yang memenuhi harapan pelanggan.
Bagaimana ISO 9001:2008 model bekerja
Persyaratan untuk sistem mutu telah standar - tetapi banyak organisasi ingin menganggap diri mereka sebagai yang unik. Jadi bagaimana ISO 9001:2008 memungkinkan untuk keanekaragaman , katakanlah, di satu sisi, sebuah "Mr dan Mrs" perusahaan, dan di sisi lain, untuk sebuah perusahaan manufaktur multinasional dengan komponen layanan, atau sarana umum, atau administrasi pemerintah?
Jawabannya adalah bahwa ISO 9001:2008 menetapkan apa persyaratan sistem mutu harus memenuhi, tetapi tidak menentukan bagaimana mereka harus bertemu di suatu organisasi tertentu. Daun ini lingkup yang besar dan fleksibilitas untuk implementasi di sektor bisnis yang berbeda dan budaya bisnis, serta budaya nasional yang berbeda.
Memeriksa bahwa ia bekerja
- Standar ini mengharuskan organisasi itu sendiri untuk melakukan audit yang berbasis 9001:2008 kualitas sistem-ISO untuk memverifikasi bahwa itu adalah mengelola proses secara efektif - atau, dengan kata lain, untuk memeriksa bahwa sepenuhnya mengendalikan kegiatannya.
- Selain itu, organisasi dapat mengundang klien untuk audit sistem mutu untuk memberikan keyakinan bahwa organisasi mampu memberikan produk atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan mereka.
- Terakhir, organisasi dapat menggunakan jasa dari badan sertifikasi sistem mutu independen untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 kesesuaian. Opsi terakhir ini telah terbukti sangat populer di tempat-pasar karena kredibilitas dirasakan dari penilaian independen.
Organisasi dengan demikian dapat menghindari beberapa audit oleh klien, ataumengurangi frekuensi atau durasi audit klien. sertifikat juga dapat berfungsi sebagaireferensi bisnis antara organisasi dan klien potensial, terutama ketika pemasok dan klien yang baru untuk satu sama lain, atau jauh dihapus secara geografis, seperti dalam konteks ekspor.
sumber : www.iso.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar